Home » » Tips Mengecek Ketika Membeli Laptop Bekas Atau Second

Tips Mengecek Ketika Membeli Laptop Bekas Atau Second



Tips Ketika Ingin Membeli Laptop Bekas Atau Second - Pingin beli laptop tapi dengan budget minim dan spesifikasi tinggi? Mungkin kamu bisa pertimbangkan untuk membeli laptop bekas atau second yang berkualitas dengan spesifikasi yang tinggi namun dengan budget minim dibandingkan dengan harga yang baru. dalam membeli laptop bekas kita harus jeli dan teliti, jangan liat hanya tampilan luar saja kamu juaga harus mengecek bagian dalamnya, supaya kita mendapat barang sesuai yang kita inginkan, jika kamu ceroboh bisa saja kamu mendapat barang yang rusak. Maka disini saya akan memberikan cara dan tips ketika kamu ingin membeli laptop bekas yang berkualitas.



Cek Harga Pasaran

Ketika kamu sudah memutuskan laptop bekas mana ingin dibeli, sebelumnya kamu jangan lupa untuk mengecek harga pasaranndari laptop bekas tersebut, kamu bisa cari disitus jual beli online. sehingga ketika tawar menawar kamu mendapkan dengan harga terbaik.

Kondisi Fisik

Ini mungkin bagian pertama yang kamu lihat dengan melihat bentuk fisik laptop langsung. kamu harus memperhatikan bagian sudut- sudut laptop, karena jika laptop sudah pernah jatuh maka akan terlihat bekas jatuh tersebut seperti goresan, lecet-lecet ataupun retak. Kamu juga harus lihat casingnya, port-port yang ada seperti port USB, jaringan, VGA,  audio, dan lainnya. Pastikan berfungsi dengan baik.

Lama Pengunaan

Kamu harus bertanya kepada si penjual, sudah berapa lama laptop sudah digunakan. Diusahan kamu cari laptop bekas yang berumur tidak lebih dari 1 tahun, biasanya jika sudah terlalu lama kemungkinan sudah ada perangkat di dalamnya sudah pernah rusak atau sudah harus diganti.

Spesifikasi Laptop

Pastikan kamu mencockan spesifikasi  yang telah disepakati dengan si penjual dengan spesifikasi yang ada dilam laptopnya. Kamu bisa lihat lansung di My Computer atau lebih lengkapnya tekan tombol windows + R (run) dan ketikan dxdiag.

Segel Laptop

Jangan Sepelekan hal yang satu ini kamu harus mengecek segel laptop. Karena jika segel dalam keadaan rusak berarti laptop sudah pernah diservice atau dibongkar. Jika laptop bekas yang segel laptopnya sudah rusak kamu harus tanyakan ke si penjual apakah sudah ada komponen laptop yang rusak atau diganti dan tanyakan apa yang sudah diganti.

Kelengkapan Laptop

Periksalah kelengkapan laptop tersebut seperti charger, buku manual, cd-room, dus, cd driver, dan kelengkapan yang lain.

Garansi Kerusakan

Garansi terhadap kerusakan wajib kamu tanyakan, apa laptop ini masih dapat garansi atau tidak. Karena jika laptop tersebut masih memiliki garansi, laptop tersebut aman. jika garansi sudah tidak ada, Kamu harus minta garansi langsung ke sipenjualnya, jadi sipenjualnya yang memberikan garansi. .

Cek Kondisi Layar LCD/LED

Biasanya banyak yang ketipu dengan tampilan layar yang bagus, tapi kita gak tau sebernernya ada dead pixsel (cacat di layar monitor) seperti ada titik hitam, putih dll, karena kita tidak jeli memeriksanya. untuk memastikan keadaan layar laptop dalam keadaan baik kamu bisa ikuti cara berikut ini:

  1. Ganti Tampilan Colour pada background dekstop menjadi hitam dan putih, hal ini berguna agar kita dapat mengetahui apa ada dead pixel (cacat di layar laptop).
  2. Cek kondisi kabel flexible, caranya dengan melakukan tutup-buka layar laptop dalam keadaan laptop hidup, kamu harus memperhatikan apakah ada kedipan atau goyangan pada layar LCD tersebut.


Kodisi Keyboard dan Touchpad

Pastikan kamu mengecek tombol - tombol pada keyboard dan Touchpad berfungsi dengan baik. Jadi kamu bisa mengetik semua tombol pada notepad atau ms. word. Bisa juga dengan software bantuan seperti Passmark keyboardTest, jadi ketika memencet tombol pada keyboard dan menapilkan warna merah maka tombol tersebut rusak, dan warna hijau menandakan tombol dalam keadaan normal. Kamu bisa download softwarenya disini sangat mudah digunakan dan cepat instalasinya.


Kondisi Harddisk

Harddisk ialah komponen yang paling rentan terhadap kerusakan pada laptop second. Cara untuk memastikan harrdisk laptop dalam kondisi baik adalah dengan cara melakukan copy/paste antar folder serta partisi laptop, jika proses transfer filenya sangat lambat ini merupakan petanda harddisknya bermasalah. Cara lain ialah dengan mengaktifkan fitur S.M.A.R.T pada BIOS, atau menggunakan program third party, dengan software tersebut kamu bisa melihat kondisi harddisk dengan detail.
Kondisi Baterai dan Charger
Hal ini tentu penting, karena hal ini bisa menunjang mobilitas kamu. Kamu harus memastikan kondisi baterai pada laptop yang akan kamu beli, caranya bukan hanya dengan melihat baterainya saja saat kondisi hidup, tapi kamu bisa mengulur-ulur waktu ketika mencoba laptop tersebut, kamu bisa mengajak ngobrol penjual untuk memberikan kurun waktu pada laptopnya, disini kamu bisa mengetahui  penurunan presentasi baterainya. Selanjutnya kamu cek chargernya, lakukan pengecasan dan lihat apakah baterai terisi dengan normal apa tidak dengan charger tersebut.
Kondisi Hardware Lain
Nah langkah terakhir yang kamu harus lakukan ialah pastikan k0ondisi hardware yang lain seperti Optical Drive, Webcam, Wi-Fi, Bluetooth, Fan, serta komponen yang lainnya dapat berfungsi dengan baik. Lakukan pengecekan dengan menggunakan laptop langsung beberapa saat agar kamu dapat memastikan kinerja laptop tersebut.

semoga tips-tips di atas bisa menjadi referensi ketika kamu akan membeli laptop bekas atau second. namun jika kamu memiliki budget lebih kamu bisa membeli laptop baru.

0 komentar:

Post a Comment