Latihan logika
dan algoritma UTS Semester 1
1. Dalam menyusun suatu program,
langkah pertama yang harus dilakukan adalah :
a. Membuat program
#. Membuat Algoritma
c. Membeli komputer
d. Proses
e. Mempelajari program
a. Membuat program
#. Membuat Algoritma
c. Membeli komputer
d. Proses
e. Mempelajari program
2. Sebuah prosedur langkah demi
langkah yang pasti untuk menyelesaikan sebuah masalah disebut :
a. Proses
b. Program
#. Algoritma
d. Prosesor
e. Step
a. Proses
b. Program
#. Algoritma
d. Prosesor
e. Step
3. Pseudocode yang digunakan pada
penulisan algoritma dapat berupa :
a. Bahasa Inggris
b. Bahasa Puitis
c. Bahasa pemrograman
d. Bahasa Asing
#. Sembarang bahasa asal terstruktur
a. Bahasa Inggris
b. Bahasa Puitis
c. Bahasa pemrograman
d. Bahasa Asing
#. Sembarang bahasa asal terstruktur
4. Pada pembuatan program komputer,
algoritma dibuat :
#. Sebelum pembuatan program
b. Pada saat program dibuat
c. Sesudah pembuatan program
d. Pada saat verifikasi program
e. Saat Program di eksekusi
#. Sebelum pembuatan program
b. Pada saat program dibuat
c. Sesudah pembuatan program
d. Pada saat verifikasi program
e. Saat Program di eksekusi
5. Tahapan dalam menyelesaikan suatu
masalah adalah :
a. Masalah – Pseudocode – Flowchart – Program – Eksekusi – Hasil
b. Masalah – Algoritma – Flowchart – Program – Eksekusi – Hasil
c. Masalah – Model – Algoritma – Eksekusi – Hasil
#. Masalah – Model – Algoritma – Program – Eksekusi – Hasil
e. Algoritma – Program – Model – Eksekusi – Hasil
a. Masalah – Pseudocode – Flowchart – Program – Eksekusi – Hasil
b. Masalah – Algoritma – Flowchart – Program – Eksekusi – Hasil
c. Masalah – Model – Algoritma – Eksekusi – Hasil
#. Masalah – Model – Algoritma – Program – Eksekusi – Hasil
e. Algoritma – Program – Model – Eksekusi – Hasil
6. Diketahui bahwa kantong P kosong,
kantong Q berisi 10 buah kelereng dan kantong R berisi 15 kelereng. Apabila
yang terbawa hanya sebuah kantong dan dikatakan BUKAN Kantong P yang terbawa,
maka jumlah kelereng yang terbawa adalah :
a.10 d. 10 dan 15
b. 15 e. Kosong
#.10 atau 15
a.10 d. 10 dan 15
b. 15 e. Kosong
#.10 atau 15
7. Diberikan algoritma : Apabila
warna merah maka jadi hijau. Apabila warna hijau maka jadi putih, selain warna
merah dan hijau maka jadi ungu. Jika kondisi input warna adalah hitam, maka
warna jadi :
a. Merah d. Putih
#. Ungu e. Abu-abu
c. Hijau
a. Merah d. Putih
#. Ungu e. Abu-abu
c. Hijau
8. Instruksi P=Q akan mengakibatkan
nilai P = nilai Q, dan nilai Q menjadi :
a. Menjadi Sembarang Nilai
b. Menjadi hampa
#. Q tetap
d. Menjadi 0
e. P tetap
a. Menjadi Sembarang Nilai
b. Menjadi hampa
#. Q tetap
d. Menjadi 0
e. P tetap
9. Apabila a=5, b = 10, maka jika
diberikan instruksi a=b; b=a akan mengakibatkan :
a. a=0 , b=5 e. a=b
b. a=10, b=5 #. a=10, b=10
c. a=10 , b=0
a. a=0 , b=5 e. a=b
b. a=10, b=5 #. a=10, b=10
c. a=10 , b=0
10. Diberikan algoritma P=10; P=P+5;
Q=P. Nilai P dan Q masing-masing adalah:
a. 15 dan 0 e. 0 dan 10
b. 0 dan 15 d. 10 dan 15
#. 15 dan 15
a. 15 dan 0 e. 0 dan 10
b. 0 dan 15 d. 10 dan 15
#. 15 dan 15
11. Type data yang hanya mengenal
kondisi True atau False pada Bahasa pemrograman C++ , adalah :
a. string d. Char
#. Bool e. long int
c. Int
a. string d. Char
#. Bool e. long int
c. Int
12. Dalam bahasa C++ terdapat suatu
tipe data yang nilainya tidak boleh memiliki nilai desimal, yaitu :
a. float d. Char
b. Bool e. long int
#. Int
a. float d. Char
b. Bool e. long int
#. Int
13. Program C++ dirancang pertama
kali oleh :
a. Al Khawarizmi d. Dennis Ritchie
b.Blaise Pascal e. Al khalamizni
#. Prof. Niklaus Wirth
a. Al Khawarizmi d. Dennis Ritchie
b.Blaise Pascal e. Al khalamizni
#. Prof. Niklaus Wirth
14. Tipe data yang digunakan untuk
menampung sebuah karakter adalah :
a. string
b. int
#. char
d. bool
e. Long Int
a. string
b. int
#. char
d. bool
e. Long Int
15. Pada Tipe data Boolean, berlaku
operator-operator :
a. IF
#. AND, OR, NOT
c. True, False
d. CASE
e. Number
a. IF
#. AND, OR, NOT
c. True, False
d. CASE
e. Number
16. Simbol flowchart yang digunakan
sebagai awal dan akhir suatu proses adalah….
#. Terminal d. Input
b. Preparation e. Output
c. Decision
#. Terminal d. Input
b. Preparation e. Output
c. Decision
17. lupa Soalnya Apa...
18. lupa Soalnya Apa..
19. Lupa Soalnya Apa.
20. Lupa Soalnya Apa..
21. Struktur pernyataan yang BUKAN
berupa perulangan (looping) adalah :
a. For
b. Do…While
c. While
#. If
e. else
a. For
b. Do…While
c. While
#. If
e. else
22. Suatu proses pengulangan kembali
alur kerja disebut…
a. Branching
#. Looping
c. Rekursif
d. Iteratif
e. searching
a. Branching
#. Looping
c. Rekursif
d. Iteratif
e. searching
23. Diberikan penggalan algoritma :
while (x>7)
x- – ;
cout<<x ;
Apabila nilai awal x adalah 9, maka nilai yang ditampilkan berturut-turut adalah
a. 9, 8, 7 b. 9, 8 c. 9 #. 8, 7 e. 8
x- – ;
cout<<x ;
Apabila nilai awal x adalah 9, maka nilai yang ditampilkan berturut-turut adalah
a. 9, 8, 7 b. 9, 8 c. 9 #. 8, 7 e. 8
24. Diberikan penggalan algoritma :
do
cout<<x ; x–
while (x>7)
Apabila nilai awal x adalah 9, maka nilai yang ditampilkan berturut-turut adalah
a. 9, 8, 7,6 #. 9, 8 ,7 c. 9 d. 8, 7 e. 7
cout<<x ; x–
while (x>7)
Apabila nilai awal x adalah 9, maka nilai yang ditampilkan berturut-turut adalah
a. 9, 8, 7,6 #. 9, 8 ,7 c. 9 d. 8, 7 e. 7
25. Diberikan penggalan algoritma :
do
x- – ; cout<<x ;
while (x>7)
Apabila nilai awal x adalah 9, maka nilai yang ditampilkan berturut-turut adalah
a. 9, 8, 7 #. 9, 8 c. 8 d. 8, 7 e. 9
x- – ; cout<<x ;
while (x>7)
Apabila nilai awal x adalah 9, maka nilai yang ditampilkan berturut-turut adalah
a. 9, 8, 7 #. 9, 8 c. 8 d. 8, 7 e. 9
26. Konsep Menara Hanoi merupakan
salah satu dari contoh proses :
a. Iteratif
b. Transitif
#. Rekursif
d. Branching
e. Sorting
a. Iteratif
b. Transitif
#. Rekursif
d. Branching
e. Sorting
27. Suatu Proses yang memanggil
dirinya sendiri , disebut proses :
a. Iteratif
b. Transitif
#. Rekursif
d.Branching
e. Searching
a. Iteratif
b. Transitif
#. Rekursif
d.Branching
e. Searching
28 Rekursif adalah :
a. Suatu prosedur yang dapat dipanggil
#. Suatu proses yang bisa memanggil dirinya sendiri
c. Suatu proses yang dipanggil melalui suatu prosedur
d. Suatu prosedur Looping e. Suatu proses Searching
a. Suatu prosedur yang dapat dipanggil
#. Suatu proses yang bisa memanggil dirinya sendiri
c. Suatu proses yang dipanggil melalui suatu prosedur
d. Suatu prosedur Looping e. Suatu proses Searching
29. Pada Menara Hanoi banyaknya
pemindahan untuk N buah piringan ke menara tujuannya adalah :
#. (2 pangkat n)-1
30. Untuk menyelesaikan masalah menara Hanoi
dengan banyaknya piringan ialah 6 buah , maka diperlukan pemindahan sebanyak :#. (2 pangkat n)-1
a. 19 kali d. 32 kali
#. 63 kali e. 33 kali
c. 31 kali
0 komentar:
Post a Comment